Seleksi Desainer Indonesia (ORBIT)

10:04:00

Pada hari Jumat, tepatnya tanggal 11 Agustus 2017, aku bersama blogger lainnya berkesempatan menghadiri acara Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) Republik Indonesia beserta program inspiratifnya - 'ORBIT'. Pada malam itu kita bersama-sama menyaksikan ajang seleksi desainer Indonesia, menampilkan kegiatan audisi dan pemilihan 20 finalis desainer muda bertalenta yang bertempat di Ballroom, Hotel Alila Pecenonangan, Jakarta.


'ORBIT' merupakan sebuah wahana/program yang diprakarsai oleh BEKRAF yangmana nantinya menjadi akan wadah bagi para desainer muda Indonesia bertalenta untuk tumbuh berkembang secara maksimal melalui program pengembangan kapasitas secara berkelanjutan sehingga dapat berkontribusi kepada bangsa dan negara melalui profesinya, serta menjadi desainer masa depan yang dapat mendorong perkembangan ekonomi kreatif Indonesia. 

Pada malam itu, salah satu kurator ORBIT, Hastjarjo Boedi Wibowo menjelaskan bahwa FINAL ORBIT terseleksi 20 desainer terpilih dari 450 aplikan dari berbagai daerah di bidang arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain fashion, desain tata cahaya, desain produk, desain tekstil, kriya dan lansekap. ORBIT sendiri juga mempunyai tim panitia yang berkompeten di bidangnya, antara lain Mochammad Refrajaya (Desainer Interior), Mizan Allah De Neve (Desainer Produk), Nuniek Mawardi (Desainer Fashion), Arief Budiman (Desainer Komunikasi Visual) dan Eko Prawoto (Arsitek) dan juga para tim kurator seperti Francis Surjaseputra (Desainer Interior), I. Hastjarjo Boedi Wibowo ( Desainer Komunikasi Visual), Ali Charisma (Desainer Fashion), Andrie Trisaksono (Desainer Produk), Muhammad Sagita (Arsitek) dan Kahfiati Kahdar (Desainer Tekstil). 

Untuk para peserta ORBIT ini, adapun ketentuan dan persyaratannya yaitu para peminat dapat melakukan pendaftaran dan pengunggahan dokumen dari karya peserta dengan batas waktu tanggal 31 Mei 2017, yang kemudian dilakukan kurasi Tahap I yaitu pemilihan 30 orang Nominator Desainer oleh Tim Kurator dan setelah itu Nominator Desainer terpilih diberikan waktu selama 6 minggu untuk membuat mock-up/dummy dengan subsidi biaya pembuatan/penyempurnaan maket. Kemudian nominator desainer terpilih akan diundang ke Jakarta untuk menjalani kurasi Tahap II dan setelah itu Penetapan 20 Desainer terpilih oleh Tim Kurator di Jakarta yang akan berlangsung dari tanggal 10-11 Agustus di Hotel Alila Pecenongan. Untuk sebagian karya dari desainer terpilih ini, dapat dilihat pada gambar bertikut. 


Dalam akhir kata sambutannya, Bapak Triawan Munaf berharap ORBIT dapat menumbuh-kembangkan para desainer muda berbakat yang dapat berkompetisi dengan para desainer dari berbagai negara dan dapat mendorong perkembangan perekonomian Indonesia, "Sebagaimana harapan Presiden RI bahwa ekonomi kreatif harus jadi tulang punggung ekonomi Indonesia".

XOXO,
Tiff

You Might Also Like

1 comments