DR. BRONNER’S PURE-CASTILE ORGANIC LIQUID SOAP REVIEW

19:05:00

 Walaupun sudah New Normal, aku tetap lebih sering #dirumahaja sih karena kerjaanku kebanyakan juga dari rumah. Dan aku jadi suka cobain self-care products. Mulai dari skincare, hingga bathcare products. Salah satu bathcare products yang lagi aku suka belakangan ini yaitu Dr. Bronner’s 18-in-1 Pure-Castile Soap, yang dikirimkan oleh Jakarta Beauty Blogger. 

Pertama kali aku tertarik dengan sabun ini karena di-claim mempunyai hingga 18 kegunaan. Ajaib banget kan?! Terus juga kandungan sabun ini all natural dan organic. Tidak mengandung bahan kimia seperti pengawet, pewangi, SLS, paraben, alcohol, dsb, sehingga membuat sabun ini aman dan sehat untuk kulit dan lingkungan.



Buat kalian yang belum familiar, Dr. Bronner’s sudah ada dari tahun 1858, dibuat oleh German-Jewish Soapmaker Emanuel Bronner. Sampai saat ini, Mr. Bronner’s telah menjadi salah satu top-selling soap di U.S. Natural Marketplace dan mendapatkan sertifikat: USDA Organic, Vegan, OTCO, Fair Trade, Non DMN, Non tested on animals.

 

Selain packaging-nya super aesthetic, yang membuat Dr. Bronners Soap beda dari sabun lainnya, Dr. Bronners menggunakan natural dan organic base ingredients: Coconut Oil, Olive Oil, Jojoba Oil, dan Palm Kernel Oil. Kandungan Palm Kernel Oil disini berfungsi sebagai natural foaming agent, karena Dr. Bronner’s Soap tidak mengandung synthetic preservatives, detergents, ataupun foaming agents lainnya, sehingga aman dan bagus dipakai sehari-hari - pada badan, muka, rambut, bahkan untuk baby.

 

Dengan pemakaian yang rutin, Dr. Bronner’s Pure-Castile Soap di-claim dapat:

1. Melembabkan kulit, memperkecil pori, membersihkan kulit mati.
2. Mengurangi dan membersihkan komedo (blackheads)
3. Mencerahkan kulit wajah & mengencangkan (lifting)
4. Kulit terasa halus dan lembut tanpa meninggalkan sisa residu.



Saking bagusnya ingredients dari Dr. Bronner’s Pure-Castile Soap, sabun ini mempunyai hingga 18 kegunaan, yang bisa kalian lihat dibawah ini:

1. Body Wash – tuang sabun secukupnya pada tangan atau shower puff, lalu ratakan di seluruh badan yang sudah dibasahi sebelumnya.

2. Hand Wash – tuang sabun secukupnya pada tangan yang sudah dibasahkan, lalu usap hingga bersih.

3. Facial Cleanser – tuang sekitar 2-3 tetes sabun di tangan, lalu usap dengan gerakan circular pada wajah yang sudah dibasahi sebelumnya.

4. Bath Soak – tuang sabun secukupnya pada bath tub yang berisi air hangat. Walaupun tidak ada busa, tetapi tetap dapat membersihkan kulit.

5. Foot Soak - tuang sabun secukupnya pada tub yang berisi air hangat.

6. Make up brush cleanser – basahi brush terlebih dahulu, lalu tuangkan sekitar 1-2 tetes sabun pada brush dan massage sekitar 10 detik hingga bersih, lalu bilas.

7. Shaving Cream – pada muka, 10 tetes sabun. Pada ketiak, 3 tetes sabun. Pada kaki, satu tetes sabun. Lalu busakan pakai tangan yang basah.

8. Shampoo – tuang sabun secukupnya pada tangan, lalu usap pada rambut yang basah.

9. Toothpaste – tuang 1 tetes sabun pada sikat gigi, lalu gosok ke gigi hingga bersih.

10. Mouthwash – tuang 1 tetes sabun pada satu cangkir air, lalu kumur.

11. Laundry – tuang sekitar 120ml sabun pada cucian yang banyak, dan 120ml vinegar untuk membilas.

12. Handwashing Delicates – tuang sabun secukupnya pada ember berisi cucian, diamkan sekitar 10 menit. Lalu cuci baju dan bilas.

13. Congestive Remedy – tuang sabun secukupnya pada air hangat, hirup uap-nya dan tutup kepala dengan handuk.

14. Pest Spray – tuang sabun secukupnya pada 1L air yang berisi cayenne peper dan cinnamon.

15. Dish Soap – tuang sabun secukupnya pada air, lalu gosok ke piring, cangkir, dsb. 

16. All Purpose Cleaner – tuang sekitar 60ml sabun pada 1L air dalam spray, bisa tambahkan 2-3 tetes tea tree oil sesuai kebutuhan.

17. Fruit & Veggies Rinse – tuang 2-3 tetes sabun pada air di wadah, masukkan buah dan sayur, cuci hingga bersih, lalu bilas.

18. Pet Wash – basahkan bulu anjing/peliharaan kalian, lalu tuang sabun secukupnya dan gosok hingga berbusa. Lalu bilas dengan air bersih.



Dr. Bronner’s 18-in-1 Pure-Castile Soap tersedia dalam 8 varian. Yang sudah aku cobain yaitu varian: Lavender, Rose, dan Baby Unscent. Semuanya mempunyai base ingredients yang sama: Organic Coconut Oil, Olive Oil, Jojoba Oil, dan Palm Kernel Oil. Dengan tambahan oil sesuai varian masing-masing.

 

Dr. Bronner’s Lavender Pure-Castile Soap

 

Dr. Bronner’s Lavender Pure-Castile Soap mengandung Pure Lavender dan Lavandin Oils, yang dipercaya dapat memberikan ketenangan dan membantu tidur agar lebih nyenyak.

 

Dr. Bronner’s Rose Pure-Castile Soap

 

Dr. Bronner’s Rose Pure-Castile Soap mengandung Rose Oil, berisi banyak vitamin, minerals, dan antioxidant, yang dapat memberikan kelembapan pada kulit yang kering, serta bagus untuk merawat kulit sensitif dan berjerawat.

 

Dr. Bronner’s Baby Unscented Pure-Castile Soap

 

Seperti namanya, Dr. Bronner’s Baby Unscented Pure-Castile Soap ini tidak mengandung wangi tambahan. Mengandung Organic Coconut Oil yang menutrisi dan membersihkan kulit, Organic Jojoba Oils yang melembutkan kulit, serta dua kali lipat kandungan Organic Olive Oil yang membuat sabun ini gentle untuk kulit sensitif, termasuk kulit baby.



Dari ketiga varian Dr. Bronner’s Pure-Castile Liquid Soap, favorite-ku yaitu varian Lavender. Pertama, karena aku suka wewangian lavender. Dari pertama kali buka tutup botol, langsung tercium wangi lavender yang semerbak, benar-benar berasa lagi di lavender garden haha. Kedua, aku tertarik sama ingredients-nya yang all natural & organic. Menurutku ini must-have banget buat kalian yang mau treat diri sendiri dengan self-care products yang bagus dan berkualitas.

 

Walaupun di-claim bisa digunakan hingga 18 kegunaan, sejauh ini aku baru pakai Dr. Bronner’s Pure-Castile Liquid Soap pada badan dan muka saja. Pada muka, aku merasa sabun nya sangat amat gentle. Dan karena base ingredients sabun ini dari natural dan organic oil, membuatnya gampang mengangkat kotoran dari wajah, serta tidak membuat kulit wajah kering ataupun iritasi. Setelah bilas, aku merasa kulit jadi bersih, halus dan lembut.

 

Lalu untuk penggunaan di badan, aku lebih suka menggunakannya pake shower puff, supaya mendapatkan lebih banyak busa karena sabun ini tidak mengandung detergent atau foaming agent tambahan. Busa dari sabun ini 100% dari Kandungan Organic Palm Kernel Oil. Setelah bilas pun aku merasa kulit tetap lembab dan wangi lavender-nya nempel banget seharian. Membuat aku relax dan tidur lebih nyenyak.



Ada yang udah pernah cobain Dr. Bronner’s Pure-Castile Liquid Soap ini juga kah? Sharing juga dong gimana pendapat kalian :)

 

Buat yang mau cobain juga, kalian bisa beli produknya Dr. Bronner’s di Tokopedia, Shopee, Sociolla, atau Guardian.



Thank you for reading!


XX, Tiff

You Might Also Like

0 comments