[REVIEW] RISTRA SKINCARE SERIES

11:01:00

Bukan cuma local makeup products aja yang kualitasnya bagusss, ternyata local skincare products juga banyak yang bagus lhoo! Salah satunya local skincare products RISTRA. Aku udah kenal dengan skincare brand Ristra ini sejak tahun 2017, saat pertama kali ikut beauty workshop-nya Ristra. Disana dijelaskan bahwa Ristra didirikan pada tahun 1983 oleh Dr. Retno Iswari Tranggono, SpKK, pertama kali sebagai PT Dwi Citra Utama, yaitu pelopor kosmetik berbasis medis. Lalu di tahun 1991 PT Dwi Citra Utama berganti nama menjadi PT Ristra Indolab. Hingga di tahun 2016, PT Kino Indonesia Tbk mengakuisisi PT Ristra Indolab, dan kemudian berubah nama menjadi PT Ristra Laboratoris Indonesia.

Saat ini Ristra mempunyai rangkaian beauty products yang bervariasi, mulai dari skincare hingga makeup products. Dan kali ini aku sangat excited mau sharing salah satu produk terbaik dari Ristra, yaitu rangkaian skincare yang telah teruji secara cosmetodermatology dan pH-balanced, serta cocok untuk jenis kulit di iklim tropis seperti di Indonesia.


Jujur aku sebelumnya kurang mengerti apa itu cosmetodermatology dan kenapa pH-balanced sangat penting dalam sebuah skincare. Nah, saat aku ikut beauty workshop bareng Ristra tahun lalu, dijelaskan bahwa skincare yang telah teruji cosmetodermatology dan pH-balance, merupakan skincare yang telah teruji klinis oleh dokter spesialis kulit yang juga ahli dalam bidang kecantikan. Dengan pH-balanced, berarti formula dalam produk skincare Ristra mempunyai pH kulit 4.5-5.5, yang pastinya sangat aman dan cocok untuk wanita Indonesia yang tinggal di daerah beriklim tropis, dengan intensitas sinar matahari yang tinggi, udara panas dan lembab, serta tingkat debu dan polusi tinggi.


Ada 4 steps skincare yang diyakini dapat membuat kulit wajah sehat dan cantik alami, yaitu; CLEANSING, TONING, MOISTURIZING, DAN REGENERATING. Keempat skincare steps ini dapat dipraktekkan sehari-hari dengan produk skincare terbaik dari Ristra, antara lain; Med Soap, Extremely Gentle Cleansing Milk, Toning Lotion, Moisturizing Cream, dan Scrub Cream.

1. CLEANSING

Mungkin sampai saat ini banyak diantara kita yang masih suka ngeluh soal jerawat atau komedo yang muncul akibat tidak cocok sama makeup/skincare product tertentu. Tapi sebenarnya kulit wajah yang bersih dan sehat sangat bergantung kepada seberapa bersih-nya kita membersihkan kulit wajah. Maka dari itu, aku selalu memilih produk pembersih wajah yang terbaik, dan juga selalu melakukan double cleansing, apalagi sehabis heavy makeup! 

Nah, untuk step cleansing ini, biasanya pertama-tama aku pakai micellar water untuk membersihkan kotoran atau makeup. Lalu lanjut dengan Ristra Extremely Gentle Cleansing Milk, yaitu susu pembersih untuk mengangkat kotoran dan makeup secara sempurna hingga kedalam pori-pori. Cara pakai cleansing milk Ristra ini dengan menuangkan isi secukupnya, lalu pijat seluruh wajah terutama dibagian alis, mata, bibir, hingga leher, secara perlahan hingga kotoran atau sisa makeup terangkat, lalu aku usap menggunakan kapas, atau bisa langsung dibasuh pakai air.


Selajutnya aku membersihkan kulit wajah dengan menggunakan Med Soap, yaitu sabun pembersih wajah dengan tekstur gel dan cocok untuk segala jenis kulit. Biasanya aku pakai hanya sedikit saja, sudah bisa membersihkan seluruh muka, dan ini tidak membuat kulitku terasa "ketarik" sehabis cuci muka, malah sangat lembut dan ada aroma seperti baby powder, yang bikin kulit serasa halus seperti kulit bayi haha :D


2. TONING 

Sehabis cuci muka, aku pakai Ristra Toning Lotion. Toning lotion atau biasa disebut toner ini mempunyai tekstur watery, biasa aku pakai dengan menggunakan kapas lalu usap diseluruh wajah dan leher. Dapat dilihat di kapas bahwa sisa makeup masih suka nempel lhoo! Yang aku suka dari toning lotion ini ada sensasi cooling yang bikin wajah terasa fresh seketika, lalu ini sangat cocok dikulitku yang tergolong oily-combination. Product ini juga di-claim dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih, serta ada kandungan Allantoin yang dapat membantu melembabkan kulit.


3. MOISTURIZING

Setelah toner dan serum, selanjutnya aku pakai Moisturizing Cream dari Ristra yang mengandung Olive Oil, bagus untuk menutrisi dan melembabkan kulit! Product ini di-claim cocok untuk jenis kulit normal to dry skin. Nah, karena jenis kulitku oily-combination, aku lebih suka pake moisturizer ini di malam hari untuk mencegah penguapan air dari permukaan kulitku. Saat diusap kekulit, moisturizer dengan tekstur yang creamy ini langsung melt, mudah di-blend, dan cepat meresap dikulit. Buat kalian yang mempunyai jenis kulit kering, boleh banget buat cobain moisturizer Ristra ini untuk sehari-hari.


4. REGENERATION

Aku selalu berusaha untuk rutin memakai scrub at least 2x seminggu untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu proses regenerasi sel kulit baru. Nah, ternyata Ristra juga punya Scrub Cream, yaitu scrub cleanser yang bertekstur creamy dengan partikel scrub berbentuk oval sehingga lembut dikulit wajah dan sangat aman untuk dipakai untuk segala jenis kulit. Buat kalian yang berjenis kulit oily-combination sepertiku, bisa pakai ini 2-3x seminggu! Cara pakainya, dengan mengoleskan scrub cream kewajah, lalu pijat dengan circular motion selama satu sampai satu setengah menit, lalu bilas dengan med soap dan air. Scrub cream ini merupakan salah satu produk favoritku dari Ristra, karena sangat nyaman dipakai dan dapat membersihkan wajah hingga kedalam pori-pori.


UV PROTECTOR

Last but not least, secara kita tinggal di iklim tropis seperti di Indonesia, sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menggunakan UV Protector. Salah satu UV Protector terbaik yaitu UV Protector dari Ristra ini yang sekali lagi sudah teruji secara cosmetodermatology, mempunyai pH-Balanced, serta cocok digunakan di iklim tropis. Ristra UV Protector mengandung SPF 17, yang dapat di re-apply sepanjang hari, dan mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari UVA & UVB. Teksturnya creamy, tapi cepat meresap dan tidak terasa lengket dikulit!


CONCLUSION

4 steps skincare yang diterapkan Ristra ini menurutku sangat efektif untuk menjaga kulit bersih dan sehat. Ditambah lagi dengan produk skincare yang mempunyai ingredients yang aman dikulit, teruji klinis secara cosmetodermatology dan mengandung pH-balanced - tentunya kulit akan semakin terawat cantiknya. 


Setelah mencoba seluruh rangkaian skincare Ristra, ada beberapa produk favoritku yang cocok di jenis kulit oily-combination sepertiku, yaitu Extremely Gentle Cleansing Milk, Med Soap, Toning Lotion, dan Scrub Cream. Dalam pemakaian kurang lebih dua minggu, aku merasa produk tersebut sangat membantu mengurangi minyak diwajahku dan juga membuat kulitku terasa halus! Lalu untuk Moisturizing Cream, menurutku akan lebih cocok dipakai untuk jenis kulit normal to dry skin, karena mengandung olive oil yang pastinya akan memberikan kelembaban kulit lebih tahan lama.


Apakah kalian juga pernah mencoba rangkaian skincare Ristra ini? Buat yang udah nyobain, share juga dong pengalaman kalian :)

For more info, yukk cek di website Ristra www.ristra.co.id dan IG @ristra.id

XOXO,
Tiff

You Might Also Like

0 comments