5 Basic Travel Guides to Japan

19:08:00

Masih ga jauh-jauh dari topik travelling ke Jepang. Buat kalian yang berencana liburan ke Jepang dalam waktu dekat ini ataupun soon, yuk bisa langsung baca postinganku sebelumnya - 8 Tips Travelling to Japan with H.I.S. & HISGO Indonesia - disana aku berbagi tips mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum pergi ke Jepang, seperti; memilih musim, area tujuan, tiket, itinerary, transportasi hingga travel support yang bisa dibeli di H.I.S. Travel Indonesia, H.I.S. Online Booking atau HISGO Indonesia.


Nah, di postingan ini aku mau melanjutkan beberapa basic travel guides yang perlu dipersiapkan setelah sampai di Jepang.

1. Language

Tidak bisa dipungkiri, salah satu tantangan saat mengunjungi negara orang yaitu bahasa. Sama halnya di Jepang, sebagian besar signage menggunakan bahasa Jepang atau tulisan kanji. Trik-nya yaitu menggunakan aplikasi translate seperti google translate, atau menanyai warga sekitar yang kemungkinan bisa berbahasa Inggris. Lalu, ada baiknya juga kita menguasai sedikit kosa kata dasar, seperti "jouzu desu ne" = "orang Jepang begitu baik", setiap kali bertemu atau berpamitan, "konnichiwa" = "halo", dan "arigatou gozaimasu" = "terima kasih banyak".

Pada umumnya Bahasa Inggris digunakan di kota-kota besar di Jepang, seperti di signage, browsur ataupun menu makanan. Tapi tidak semua orang di Jepang fasih berbahasa Inggris, jadi kalian tetap harus mempersiapkan aplikasi translate atau menggunakan bahasa tubuh.

2. Rules And Regulation

Seperti di negara berkembang lainnya, Jepang juga sangat strict dengan peraturan-peraturannya. Ada beberapa larangan yang perlu diketahui, antara lain; dilarang merokok sembarangan, membuang sampah sembarangan, meludah sembarangan, dan larangan lainnya. Segala aktivitas keamanan, kebersihan dan ketertiban pada fasilitas umum di Jepang, dimonitori dengan CCTV. Jadi jangan mencoba untuk melanggar tata tertib di Jepang, karena siapapun yang melanggarnya akan dikenakan sanksi dan hukuman denda yang berat.

3. Food

Makanan di Jepang tergolong mahal, rata-rata seharga IDR 100.000,- per porsi. Kalau kalian tidak ada masalah dengan budget tentunya boleh-boleh saja makan direstoran kapan pun kalian mau. Tapi kalau kalian travelling dengan budget terbatas, perlu dipertimbangkan untuk menghemat pengeluaran untuk makan dengan mencoba membeli makanan fast-food seperti di yoshinoya, sukiya, supermarket, atau minimarket. Pilihan makanan di supermarket/minimarket juga beragam, seperti onigiri, bento box, ramen, udon, dll - yang tentunya lebih murah dibandingkan makan di restoran. 


4. Shopping

Kalau jalan-jalan ke luar negeri, rasanya kurang lengkap dong kalo ga berbelanja oleh-oleh. Ada berbagai tempat berbelaja oleh-oleh di Jepang, seperti di pasar malam, pasar tradisional, bazaar, atau convenience store seperti Daiso atau Takeshita-dori yang menjual serba 100 Yen.


5. Free WiFi

Kalau kalian tidak mau menyewa pocket WiFi atau membeli Sim Card saat di Jepang, kalian bisa memanfaatkan fasilitas Free WiFi di hotel, restoran atau cafe. Tapi kalau ga mau ribet apalagi kalo liburan rame-rame, ga ada salahnya menyewa pocket WiFi atau membeli Sim Card dari Indonesia lewat H.I.S. Online Booking atau HISGO Indonesia, salah satu travel agent terpercaya yang melayani travelling ke Jepang secara detail mulai dari tiket pesawat, paket tour, hingga transportasi dan travel support seperti pocket WiFi dan Sim Card saat di Jepang.


Diatas adalah beberapa tips untuk mempermudah perjalanan kalian di Jepang, semoga bermanfaat dan selamat liburan! Jangan lupa untuk baca lebih lanjut mengenai beauty, fashion dan travel essential yang perlu dibawa ke Jepang, langsung aja di Beautynesia.

XOXO,
Tiff

You Might Also Like

0 comments