MAAT Golden Ratio - Wanita Berwajah Proporsional di Indonesia

23:40:00

Buat kalian yang sudah pernah membaca blog aku sebelumnya mengenai 'MAAT Golden Ratio Search - Pencarian Wajah Proporsional Pertama Di Asia', tentunya udah pada tau dong kalau Merz Aesthetics, sebagai penyedia teknologi perawatan kecantikan non-bedah ultrasound bernama Ulthera, yang mampu mengangkat serta mengencangkan kulit dan telah lolos uji FDA - pada tanggal 1 Juli 2017 - 30 September 2017 kemarin telah melangsungkan MAAT Golden Ratio Search di 10 negara di Asia, termasuk Indonesia, Hong Kong, India, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Dengan tujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang proporsi dan daya tarik wajah yang merupakan bagian dari ajang peluncuran pedoman medis terbaru dan pertama yang dapat membantu lebih dari 1000 dokter kecantikan baik di Indonesia maupun Asia Pacific, untuk membentuk wajah Asia proporsional dalam acara Pertemuan Tahunan ke-38, International Society for Dermatological Surgery (ISDS) 2017.


Tepat pada tanggal 5 Desember 2017, aku kembali menghadiri acara MAAT Golden Ratio dalam penobatan satu wanita berwajah proporsional diantara 38 partisipan dari Indonesia, yaitu Miya Alexa (Mitania Hendayani), seorang MC Professional berusia 32 tahun yang kebetulan merupakan MC pada acara MAAT Golden Ratio Search sebelumnya. 



Sebagai perwakilan wajah paling proporsional di Indonesia, Miya Alexa (Mitania Hendayani) mengatakan, "Dalam ajang pencarian MAAT Golden Ratio ini, saya mengikuti beberapa rangkaian penghitungan mulai dari proporsi bentuk wajah dan bentuk estetikanya, dan akhirnya berhasil terpilih menjadi wanita Indonesia yang memiliki wajah cantik paling proporsional. Selain itu, saya juga dinyatakan memenuhi syarat utama yakni belum pernah melakukan perawatan khusus kecantikan seperti filler atau Botulinum toxin maupun operasi plastik."


"The MAAT Golden Ratio Search menggunakan ilmu pengukuran dan meberikan pemahaman bahwa bentuk wajah proporsional merupakan bagian dari kecantikan. Wanita yang memahami proporsi dan bentuk wajahnya akan mampu menyesuaikan penampilan sehingga cocok dengan diri sendiri dan mampu tampil percaya diri", ujar Marketing Manager Merz Indonesia, Hansen Ghandi.

Dari 38 partisipan Indonesia berusia antara 21-58 tahun, ditemukan bahwa bentuk wajah oval (70%), persegi (5%), bulat (8%), segitiga terbalik (3%) dan oblong/lonjong (3%) merupakan wajah yang paling umum. Sedangkan di antara 3000 partisipan Asia Pasifik berusia antara 21-64 tahun, ditemukan bahwa bentuk wajah oval (67%), persegi (13%), bulat (9%), segitiga terbalik (7%), dan oblong/lonjong (5%). "Ajang pencarian ini mengukur wajah peserta berdasarkan golden ratio (proporsi panjang dan lebar wajah), proporsi horizontal wajah, dan proporsi simetri wajah untuk menemukan wajah yang paling proporsional. Hasilnya, wajah yang dinilai paling proporsional memiliki bentuk oval," tambah Hansen Gandhi.


Para dokter kecantikan berkesimpulan bahwa bentuk wajah oval merupakan yang paling ideal untuk wanita Asia. Untuk itu, pedoman medis terbaru dan pertama dari Merz diharapkan dapat membatu dokter kecantikan membentuk wajah Asia proporsional. Buku pedoman tersebut berisikan rekomendasi cara-cara terbaik untuk membentuk wajah dan beragam perawatan kecantikan untuk mengubah wajah bagian atas, tengah, dan bawah. Termasuk strategi-strategi dalam menciptakan wajah Asia yang berbentuk oval. Buku pedoman tersebut juga berisikan tentang beragam prosedur enhancement (memperbesar), restoration (pemulihan), dan beautification (mempercantik) yang tepat untuk wajah Asia.


"Agar para dokter kecantikan mampu memberikan hasil yang optimal, perlu dilakukan perawatan yang menggabungkan terapi kecantikan. Pedoman medis yang sudah ada saat ini lebih banyak fokus pada perawatan kecantikan untuk pasien Kaukasia. Sedangkan jumlah pedoman yang membahas secara detail mengenai perawatan kecantikan, rekomendasi, dan prosedur pengubahan bentuk wajah yang cocok untuk pasien Asia khususnya Indonesia agar mendapatkan bentuk wajah oval yang ideal masih sangat sedikit. Tentunya dokter kecantikan di Indonesia perlu memahami anatomi dan karakteristik wajah wanita Asia agar dapat memberikan rekomendasi yang cocok," ujar Dr. Kevin Maharis, salah satu juri dari Indonesia dalam ajang MAAT Golden Ratio Search.


Pakar kecantikan dan juga juri dari Indonesia dalam ajang MAAT Golden Ratio Search, Affi Assegaf menambahkan, "Penting bagi seorang pasien untuk mengetahui dan mengerti bentuk wajah yang proporsional, sehingga dapat menjadi diskusi yang baik antara kita sebagai wanita yang terkadang memiliki ekspektasi sendiri dan juga saran dari dokter kecantikan akan memberikan perawatan untuk mencapai haisl yang terbaik. Selain itu, dengan adanya pedoman medis terbaru dan pertama dari merz juga akan dapat membatu wanita-wanita Indonesia untuk mendapatkan bentuk wajah yang proporsional, sehinga dapat lebih tampil percaya diri."



Seusai sesi tanya jawab, acara ditutup dengan foto bersama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai MAAT Golden Ratio Search, bisa cek di Facebook Golden Ratio Search Indonesia, Instagram @GoldenRatioSearchID atau Website Golden Ratio Search dan www.merz.com.

XOXO,
Tiff

You Might Also Like

0 comments